Olahraga Indoor Untuk Menurunkan Berat Badan 2021-2022

Olahraga Indoor Untuk Menurunkan Berat Badan



Olahraga Indoor


Sport Blog - Untuk menurunkan berat badan kita bisa melakukan olahraga setiap hari tapi cukup yang ringan saja supaya dapat dilakukan secara konsisten dan waktunya tidak terlalu banyak. Olahraga indoor untuk menurunkan berat badan adalah yang tidak pakai beban atau beban tubuh sendiri saja, atau pakai dumbell juga sudah cukup. Anda bahkan dapat melakukannya tanpa pakaian dan alas kaki khusus olahraga.


Tantangan olahraga indoor adalah tempat untuk kita berolahraga lebih sempit karena ada barang lain di dalam rumah, jadi gerakannya juga yang sederhana saja supaya tidak menabrak benda lain di sekitar kita saat berolahraga.


Olahraga Dirumah Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Indoor

Gerakan olahraga pertama yang dapat dilakukan adalah kita melakukan squat yaitu gerakan jongkok dan berdiri, setiap satu kali jongkok lalu kemudian berdiri dihitung satu gerakan. Bila dirasa terlalu berat bisa dilakukan variasinya yaitu jongkoknya tidak harus sampai terlalu bawah, saat berdiri pun tidak harus sampai berdiri tegak cukup setengah tegak saja dari titik berdiri maksimal. Lakukan gerakan tersebut secara nonstop selama 30 detik ini lanjutkan istirahat selama 10 detik detik.


Gerakan Olahraga Indoor


Gerakan lainnya yaitu dengan melakukan plank, gerakannya seperti melakukan push-up tapi tangan yang lurus bukan telapak tangan yang berada di lantai, melainkan sikut kita yang menempel di lantai dan badan lurus semuanya tidak ada yang menempel di lantai kecuali hanya dari pergelangan tangan sampai ke sikut titik gerakan ini ditahan selama 30 detik tidak perlu melakukan gerakan naik dan turun apabila sudah 30 detik maka bisa beristirahat selama 10 detik. Jadi bayangkan saja gerakan push-up tapi pakai sikut, saat di posisi di atas berhenti menjadi patung.

Olahraga Indoor

Selama kita sekolah pernah belajar baris-berbaris ada yang namanya gerakan jalan ditempat yaitu kita berjalan dengan badan tegak namun kaki diangkat sampai paha sejajar dengan permukaan tanah. Nah kita lakukan gerakan tersebut tanpa istirahat selama 30 detik lalu bila sudah istirahat 10 detik. Gerakannya lakukan secara konsisten, otot-otot yang mendukung untuk membuat gerakan ini sempurna dikencangkan terus. Otot yang dikencangkan pada otot perut, punggung bagian bawah, tangan lurus ke bawah, dan leher tegak melihat ke depan.


Workout Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Indoor

Mirip seperti gerakan sebelumnya yaitu kita melakukannya ditempat, tapi perbedaannya yaitu kita melakukan dengan gerakan yang lebih cepat. Gerakan ini yaitu melakukan sprint di tempat, perbedaannya yaitu kaki yang diangkat tidak perlu setinggi gerakan jalan ditempat. Angkat kakinya jangan terlalu rendah, angkat lebih tinggi tapi masih dibawah tegak lurus. Dilakukannya sama yaitu 30 detik tanpa berhenti, kalau istirahat 10 detik. Lakukan secepat-cepatnya seperti melakukan lomba sprint.


Olahraga Indoor Leader Hop


Gerakan ini namanya leader hop. Bayangkan saja seperti naik tangga dengan cara melompat dengan dorongan dua kaki kodok melompat. Praktiknya tapi di lantai, yaitu coba posisikan tubuh seperti melakukan push-up tapi gerakan aktifnya bukan tangan yang dibengkokkan lalu nanti lurus lagi, melainkan tangan lurus terus menopang tubuh, lalu kaki seperti melompat ke depan setelah itu kaki diluruskan lagi ke belakang. Tidak ada bagian tubuh yang menempel ke lantai kecuali telapak tangan, dan sesekali ujung kaki saat diluruskan dan saat melompat ke depan.



Urut-urutan gerakan olahraga yang disebutkan diatas beserta istirahatnya diulang terus sehingga waktu olahraga mencapai 30 menit.

Olahraga Indoor

Bila sudah melakukan semua kegiatan gerakan di atas maka jangan lupa ulangi peregangan untuk melancarkan peredaran darah sehingga proses recovery lebih cepat badan akan menjadi tidak merasakan pegal-pegal atau sakit. Gerakan-gerakan ini bisa dilakukan kapanpun pagi,siang, malam. Lokasi juga tidak masalah karena gerakannya mudah dan tidak butuh banyak ruang serta perlengkapan sehingga cocok jadi olahraga indoor untuk menurunkan berat badan anda.

LihatTutupKomentar