Olahraga Jalan Kaki Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

Olahraga Jalan Kaki Apa Manfaatnya


Olahraga Jalan Kaki


Sport Blog - Berjalan kaki adalah cara yang sudah lama diakui sebagai solusi untuk mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik, atau bahkan sekedar menjaga kesehatan juga sudah bisa dibilang cukup banyak manfaatnya simak penjelasan tentang  Olahraga Jalan Kaki Apa Manfaatnya dibawah ini ya guys! 


Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari biasanya selalu disebut oleh para dokter sebagai salah satu cara paling mudah dan ringan untuk dikerjakan. Karena termasuk gerakan yang menggunakan banyak bagian tubuh maka termasuk olahraga yang aerobik, umumnya olahraga jenis ini mempunyai efek bagus untuk sistem peredaran darah dan pernafasan.

Olahraga Jalan Kaki

Keunggulan dari melakukan olahraga jalan kaki, tidak memberikan banyak tekanan kepada sendi sehingga tidak berbahaya bagi orang tua dan yang memiliki kelebihan berat badan.


Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak banyak, sandal saja sudah cukup untuk merasakan manfaatnya, karena tinggal pakai sandal sudah bisa melakukan jalan kaki keliling area beberapa kali, tinggal lakukannya selama 30 menit.


Manfaat jalan kaki setiap hari

Olahraga Jalan Kaki

Olahraga jalan kaki apa manfaatnya, berikut adalah daftar beberapa manfaat dari kegiatan berjalan kaki:


    • Menguatkan otot dan meningkatkan daya tahannya

    • Menjaga kepadatan tulang

    • Menjaga tubuh konsentrasi dan menjaga keseimbangan

    • Menurunkan tekanan darah bila terlalu tinggi

    • Resiko penyakit jantung menjadi berkurang


Cara Olahraga jalan kaki Secara maksimal


Pertama adalah lamanya durasi berjalan kaki, dan yang kedua adalah seberapa cepat harus berjalan. Kombinasi keduanya adalah yang menentukan seberapa besar manfaat dari jalan kaki.

Olahraga Jalan Kaki

Kalau asosiasi dokter jantung Indonesia menyarankan untuk melakukan jalan kaki selama 30 menit per hari, jalan kaki dilaksanakan selama 5 hari sehingga total dalam seminggu adalah 2,5 jam. Kecepatan jalan yang disarankan adalah dengan berjalan cepat, tidak terlalu santai tapi jangan sampai menjadi joging.


Olahraga Jalan Kaki Yang Benar


Mungkin banyak yang merasa mudah melakukan jalan kaki 30 menit saja dalam 1 hari, namun bila ingin melakukannya dalam jangka panjang akan banyak orang yang menyerah dan secara tidak sadar berhenti melakukan rutinitas berjalan kaki.

Olahraga Jalan Kaki

Untuk mengatasinya cobalah memasukkan jalan kaki dalam rutinitas setiap hari, sehingga tidak menyadari bahwasanya sedang melakukan olahraga. Contohnya selalu gunakan tangga walaupun ada lift di kantor, pergi ke minimarket selalu dengan berjalan kaki, kalau parkir kendaraan tidak apa di tempat yang lebih jauh dari biasanya, gunakan transportasi umum dan berhentinya di tempat yang lebih jauh agar kita jadi berjalan menuju tempat tujuan.


Selalu mulai olahraga jalan kaki dengan kecepatan yang rendah, kalau sudah cukup siap maka bisa meningkatkan kecepatan langkah kita. Bila merasa terlalu ringan, bisa mencari lokasi yang ada tanjakan agar terasa lebih berat. Bila sudah selesai berolahraga jalan kaki dan tahu apa manfaatnya diingatkan untuk menurunkan kecepatan langkah sebagai pendinginan, juga dengan melakukan peregangan sedikit setelah sampai di tujuan.


Video Olahraga Jalan Kaki



Itulah beragam manfaat dari olahraga jalan kaki yang bisa kita dapatkan , terutama bila kita bisa melakukan olahraga tersebut secara terus menerus. Untuk menjalankan rencana berolahraga jalan kaki bisa diakali dengan memasukannya dalam rutinitas dalam hidup kita. Selain mempunyai manfaat, jalan kaki juga mudah dilakukan karena tidak memerlukan banyak alat bantu dalam melakukannya.


Semoga anda sehat selalu dan semoga juga tulisan ini dapat menjawab  pertanyaan dari olahraga jalan kaki apa manfaatnya. Salam sehat, selamat jalan kaki.

LihatTutupKomentar